Nova Taufiq
Blog Universitas Komputer Indonesia

Produk Bank Syariah Indonesia Yang Wajib Kita Ketahui!

Produk Bank Syariah Indonesia Yang Wajib Kita Ketahui!
Bank Syariah Indonesia merupakan gabung dari berbagai bank syariah. Tentunya ini memudahkan kita dalam bertransaksi karena semua bank syariah dapat kita gunakan tanpa perlu tahu nama perusahaannya seperti BRI syariah, BNI syariah, dll.
 

Sejarah dan Pengertian Bank Syariah

 
Bank syariah mulai dikenali khalayak saat berdirinya Bank Muamalat di tahun 1991. Beberapa pendirinya terbagi dalam pebisnis muslim, pemerintahan, dan Ikatan Intelektual Muslim Indonesia (ICMI). Makin lama, bank syariah makin berkembang. Satu diantaranya dengan ditetapkannya Undang-undang Perbankan Syariah Nomor 21 Tahun 2008 oleh DPR RI.
 
Pada umumnya, bank syariah nyaris serupa dengan produk yang dipunyai bank konservatif. Ketidaksamaan yang jelas hanya bank syariah memakai konsep untuk hasil. Disamping itu, dasar nilai yang dipungut bank syariah ialah nilai kesetimbangan, keislaman, dan kebermanfaatan.
 

Produk Bank Syariah

 
Tabungan Syariah
Tabungan sebagai simpanan dana dengan jumlah tertentu. Simpanan itu dapat diambil sewaktu-waktu. Tempat penarikannya juga dapat beragam macam. Dimulai dari ATM sampai langsung ke bank. Bedanya ialah kata syariah.
 
Tabungan syariah mengenali dengan istilah wadi'ah. Yakni, tabungan itu tidak memperoleh bunga karena karakternya titip.
 
Deposito syariah
Deposito syariah ialah produk simpanan berjangka yang diatur bank syariah. Produk ini dapat didapat untuk nasabah perseorangan dan perusahaan dengan memakai konsep mudharabah.
 
Deposito syariah dapat diambil sesudah periode waktu simpanan sudah usai atau jatuh termin, yakni opsi 1 bulan, tiga bulan, enam bulan, 12 bulan, sampai 24 bulan.
 
Keuntungan deposito di bank syariah berbentuk untuk hasil atau nisbah. Biasanya, nisbah yang dijajakan ialah 60:40 untuk bank dan nasabah.
 
Menyaksikan angka itu, tidaklah aneh jika banyak kelompok memandang keuntungan deposito bank syariah lebih tinggi.
 
Apa manfaat mempunyai deposito syariah?
 
Pembagian keuntungan dapat kamu mengatur sendiri dan dapat menjadi agunan pendanaan.
Pengendalian dana secara syariah jadi ditegaskan halal.
Ada sarana automatic roll over (ARO).
Dana pelanggan ditegaskan aman karena ditanggung Instansi Penjamin Simpanan (LPS).
 
Gadai syariah
Gadai syariah ialah produk utang tunai dari bank syariah ke nasabahnya. Terutamanya dalam masalah ini, gadai syariah memakai ikrar ijarah atau rahn. Sebagai persyaratan khusus, nasabah harus memberikan barang jaminan.
 
Pada aplikasinya, bila nasabah atau debitur tidak mampu membayar angsuran, barang agunan akan dipasarkan untuk tutupi hutang. Bila nilai jualnya melewati hutang, keunggulannya akan dibalikkan ke debitur.
 
Untuk ongkos administrasi, debitur dikenai ongkos perawatan barang.
 
Seperti dalam penglihatan Islam jika barang gadai masih tetap jadi punya debitur, automatis ongkos perawatan akan dijamin debitur yang selanjutnya dibayar ke bank atau kreditur.
 
Pendanaan Syariah
Yang diartikan pendanaan syariah ialah leasing atau sewa buat usaha. Yakni, pengadaan barang modal baik secara sewa usaha dengan hak pilihan atau tanpa hak opsi. Hampir serupa dengan gadai syariah, pendanaan syariah dalam periode waktu tertentu. Dan, pendanaannya secara berkala.
 
Saat Anda sudah pahami keutamaan citra merek untuk usaha, Anda siap jalankan bisnis. Supaya usaha berkembang, pakai sistem pembayaran yang sesuai opsi konsumen setia.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 22 Juli 21 - 11:31 WIB
Dalam Kategori : PRODUK BANK SYARIAH INDONESIA
Dibaca sebanyak : 159 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback